Menkominfo: Publik Berhak Mendapatkan Informasi dan Hiburan yang Sehat


Jakarta - Menkominfo Tifatul Sembiring membuka Asia Media Summit ke 10 di kota Manado, Sulawesi Utara. Acara ini dihadiri oleh lebih dari 400 delegasi yang berasal dari 40 negara-negara Asia, Afrika, Eropa, Timur Tengah dan Amerika Utara.

Disamping Tifatul tampak pula hadir Menteri Komunikasi dan Informasi Kamboja, Direktur Regional UNESCO Prof. Hubert Gijzen, Direktur AIBD Yang Binyuan, Dubes RRC untuk Indonesia dan para diplomat lainnya. Dalam sambutannya, Tifatul mengungkapkan betapa cepatnya perkembangan teknologi dan industri media, khususnya penyiaran yang bermigrasi ke digital.

“Hari ini lebih dari 85% negara telah bermigrasi kepada sistem televisi digital. Dan tentunya hal ini berimplikasi kepada model bisnis media, kreatifitas dan konten media,” ujar Tifatul dalam rilis yang diterima detikcom, Rabu (29/5/2013).

Namun Tifatul juga mengingatkan betapa pentingnya mengemukakan nilai-nilai pendidikan dan pencerahan bagi publik –dalam konten penyiaran– sebagai solusi dari masalah-masalah kemanusiaan. Jangan karena alasan kejar tayang dan pertimbangan rating, lalu media mengabaikan etika penyiaran dengan menyajikan konten-konten yang sensasional, dramatis dan traumatis.

“Saya harap media tetap menjaga idealisme, menghargai hak-hak publik untuk mendapatkan informasi dan hiburan yang sehat. Jadi harus bernilai edukasi dan menjadi inspirasi,” pungkas Tifatul.

Pada sisi lain, Tifatul mengusulkan pentingnya tema literasi media untuk didiskusikan pada forum AMS ke 10 ini, agar bisa diseimbangkan antara kepentingan lembaga penyiaran dengan kepentingan publik.

“Saya berharap forum AMS di Manado kali ini bisa menghasilkan solusi-solusi dan rekomendasi penyelesaian masalah-masalah kemanusiaan dan perdamaian dunia. Saling bertukar pengalaman dan berbagi pengetahuan di bidang media tanpa mengabaikan kearifan lokal tempat kita berasal. Sampai jumpa di AMS ke -11 2014 di Jeddah, Saudi Arabia,” tutup Tifatul.

Detik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>